LAPORAN PRAKTIKUM

PERINTAH DASAR SQL

A. Landasan Teori

1. Memasukkan Data

Sebuah data dapat dimasukkan ke dalam tabel menggunakan perintah INSERT. Namun hal yang perlu diperhatikan yaitu struktur tabel yang akan digunakan untuk memasukkan data. Sebagai contoh memasukkan data ke dalam tabel dengan nama identitas :

INSERT INTO IDENTITAS VALUES (1,’WAHYU’,’1992-07-23’,FALSE,’PROGRAMER’);

Berikut penjelasan :- Kolom pertama berisikan (1), karena tipe datanya adalah integer maka tanda petik tidak digunakan.- Kolom kedua (‘WAHYU’) dan kelima (‘PROGRAMER’), karena tipe datanya varchar maka tanda petik diperlukan, bila tanpa ada tanda petik maka dianggap salah. – Kolom ketiga (’1992-07-23’), tipe data Date dianggap sebagai sebuah string sehingga harus menggunakan tanda petik. – Kolom keempat (FALSE), tipe data kolom ini Boolean yang hanya mengijinkan inputan true atau false dan tidak perlu tanda petik.

2. Menampilkan data

Dalam database, perintah SQL untuk menampilkan data sebuah tabel bisa menggunakan SELECT. Berikut struktur SQL untuk penampilan data :

SELECT [NAMA KOLOM] FROM [NAMA TABEL];

Jika ingin menampilkan keseluruhan kolom suatu tabel bisa menggunakan tanda asterisk (*) untuk mengganti nama kolom. Kemudian, bila ingin menampilkan berdasarkan baris bisa menggunakan perintah WHERE yang diletakkan dibelakan nama tabel dan isikan nama kolom beserta kata kunci sebagai dasar dari pencarian baris. Untuk lebih jelasnya berikut struktur perintah SQL nya :

SELECT [NAMA KOLOM] FROM [NAMA TABEL] WHERE [NAMAKOLOM] = [KATA KUNCI];

Apabila ingin menampilkan data dari lebih dari satu tabel struktur SQL nya terdapat sedikit perbedaan. Misalnya memakai tabel yang telah dibuat pada praktikum ke-2 yaitu mahasiswa dan fakultas. Berikut Struktur SQL nya :

SELECT MAHASISWA.MAH_NIM, MAHASISWA.MAH_NAMA,FAKULTAS.FAK_ID, FAKULTAS.FAK_NAMA FROM MAHASISWA, FAKULTAS WHERE MAHASISWA.FAK_ID=FAKULTAS.FAK_ID;

Perintah SQL diatas akan menampilkan nim mahasiswa, nama mahasiswa, nomor fakultas, dan nama fakultas. Pada perintah setelah WHERE terdapat 2 nama kolom FAK_ID, hal tersebut dimaksudkan penyamaan antara primary key milik dari tabel fakultas dengan foreign key milik dari tabel mahasiswa.

3. Menghapus Data

Pada database PostgreSQL, DELETE digunakan untuk menghapus data pada sebuah tabel. Berikut Struktur yang digunakan :

DELETE FROM [NAMA TABEL] ;

Arti dari struktur diatas yaitu menghapus semua baris data dari nama tabel yang tertulis. Namun bisa juga digunakan penghapusan berdasarkan spesifikasi baris atau baris tertentu saja. Berikut Strukturnya :

DELETE FROM [NAMA TABEL] WHERE [NAMA KOLOM] = [KATA KUNCI];

4. Modifikasi Data

Dalam memodifikasi database bisa menggunakan perintah UPDATE. Berikut contoh struktur SQL untuk memodifikasi data pada kolom tertentu berdasarkan baris tertentu :

UPDATE [NAMA TABEL] SET [NAMA KOLOM] = [ISI DATA] WHERE [NAMA KOLOM] = [KATA KUNCI];

5. Pengurutan Data

Maksud dari pengurutan data dengan perintah ORDER BY adalah jika data sebuah tabel diurutkan dengan perintah tersebut, maka data tadi akan diurutkan dari atas ke bawah berdasarkan abjad. Hal ini juga berlaku jika data yang ada dalam bentuk angka. Berikut struktur perintah SQL :

SELECT * FROM [NAMA TABEL] ORDER BY [NAMA KOLOM];

B. Pembahasan

Cara memasukkan data yaitu dengan Query sebagai berikut:

INSERT INTO IDENTITAS VALUES (12,’Edi’,’Malang’,’0856453428’);

Hasilnya:

Cara Menampilkan data mahasiswa berupa nim dan nama. Query yang bisa di gunakan:

SELECT NIM_MAHA, NAMA_MAHA FROM MAHASISWA2;

hasilnya

Menampilkan data mahasiswa berdasarkan nim salah satu mahasiswa. Sehingga yang muncul hanya salah satu data mahasiswa. Query yang dipakai:

SELECT * FROM MAHASISWA2 WHERE NIM_MAHA=12;

hasilnya

Cara menampilkan data mahasiswa, fakultas dan jurusan. Ambil berdasarkan nim, nama mahasiswa, nama fakultas, nama jurusan

SELECT NIM_MAHA, NAMA_MAHA, FAKULTAS, JURUSAN FROM MAHASISWA2;

Hasilnya

Hapus data mahasiswa yang memiliki nim : 13 Query yang di pakai

DELETE FROM MAHASISWA2 WHERE NIM_MAHA=13;

Hasilnya

Cara mengubah data berupa alamat : solo dan no.telp : 0857688788 yang memiliki nim 12. Query yang di pakai:

UPDATE MAHASISWA2 SET ALAMAT_MAHA=’SOLO’, NOPE_MAHA=’0857688788’ WHRE NIM_MAHA=12;

Tampilkan data mahasiswa yang memiliki nim < 14 dan urutkan dari besar ke kecil. Query yang dipakai:

SELECT FROM MAHASISWA2 WHERE NIM_MAHA<14;

hasilnya

C.Kesimpulan

Perintah-perintah dasar SQL diatas sangat terbukti dan sangat penting digunakan pada perintah SQL. Dimana kita pasti akan menggunakan untuk memanggil,menambah,mengupdate ataupun untuk menghapus.

D. Daftar Pustaka

 

About dcrowofcommunity

Jangan berjalan di depan ku; Aku mungkin tidak mengikuti. Jangan berjalan di belakang ku; Aku mungkin tidak memimpin. Berjalanlah disampingku dan jadilah teman ku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s